5 Alasan Kenapa Kuliah di Luar Negeri adalah Cita-Cita yang Mulia

  1. Kemampuan bahasa asingmu akan meningkat tajam. Bisa dibilang, tinggal di luar negeri = les bahasa gratis 24 jam. Tak ada cara yang lebih efektif untuk mempelajari suatu bahasa selain terjun langsung ke lingkungan yang memakai bahasa tersebut. Ketika kamu merantau di luar negeri, kamu akan berkesempatan mempraktikkan langsung bahasa asing yang selama ini sudah kamu pelajari. Jika kamu pergi ke negeri yang berbahasa Inggris atau negeri yang penduduknya mengerti bahasa Inggris dengan baik (misalnya Belanda dan Skandinavia), kemampuan bahasa Inggrismulah yang akan dilatih. Sebaliknya, jika kamu pergi merantau ke negeri yang tidak berbahasa Inggris — misalnya saja Prancis atau Jepang — kamu akan belajar lebih banyak tentang bahasa asli mereka, dan lambat laun menguasai secara baik bahasa yang mereka tuturkan. Pada minggu-minggu pertama, akan wajar jika kamu mengalami pusing kepala karena rindu dengan bahasa Indonesia. Seperti halnya mabuk perjalanan, kamu pun akan mengalami kejenuhan karena bahasa asing yang terus kamu gunakan setiap harinya. Tapi hal ini akan sepadan dengan kemampuan yang akan kamu dapatkan nantinya.

  2. Tak hanya bahasa, kamu juga berkesempatan menyaksikan dan memahami budaya langsung dari tempat asalnya. Kamu akan segera bisa memahami budaya masyarakat setempat seperti bagaimana kebiasaan mereka menyapa tetangga, cara berpakaian, cara makan, cara bersenda gurau, dan budaya sosial di keseharian lainnya. Tak hanya itu, kamu pun akan berkesempatan untuk mencicipi hidangan khas negeri setempat yang membuatnya berbeda dengan negara lain di dunia. Pengalaman semacam ini tentunya tak bisa kamu dapatkan jika kamu tak mencicipi rasanya bersekolah di luar negeri. Akan lain juga rasanya jika kamu hanya membaca buku atau menonton film tentang suatu negara dibandingkan jika kamu datang langsung dan tinggal di negara tersebut.

  3.  Saat libur panjang, kesempatan traveling ke negeri lain akan terbuka lebar Alasan bagi kamu untuk wajib mencoba bersekolah di luar negeri adalah mengambil kesempatan untuk traveling ke berbagai tempat yang tak pernah ada di negerimu. Hal ini bisa kamu lakukan setiap minggu atau saat libur panjang. Tak hanya mengelilingi negeri tempat kamu belajar, kamu juga bisa mengunjungi negeri tetangganya untuk berjalan-jalan dan menikmati aneka kebudayaan yang beraneka ragam. Misalnya kamu bersekolah di Prancis, maka kamu bisa mengunjungi negara yang berdekatan seperti Belanda, Italia, Spanyol, sampai Ceko dan Polandia — tanpa harus membayar visa tambahan! Bisakah kamu bayangkan serunya jalan-jalan di banyak negeri tersebut?

  4. Kamu akan mengakrabi sesama pelajar Indonesia yang berprestasi dan menginspirasi. Di negeri tempatmu studi nanti, tentu kamu akan bertemu sesama pelajar Indonesia lewat Persatuan Pelajar Indonesia (PPI). Mereka bukanlah mahasiswa sembarangan. Banyak dari mereka yang memiliki latar belakang berprestasi. Jangan heran bila di PPI kamu bertemu mantan ketua BEM, aktivis dan dosen muda, sampai wartawan, dokter, dan calon ahli hukum. Mengenal mereka secara personal akan semakin melecutkan semangatmu untuk menjadi pribadi yang sama menginspirasinya. Tak hanya itu, begitu kamu dan mereka sama-sama sudah kembali ke Indonesia, kalian juga bisa mencanangkan berbagai proyek bersama demi kemajuan negeri sendiri. Bekerja sama jadi lebih nyaman karena kalian sudah saling mengenal ketika tinggal di luar negeri.

  5. Temanmu berasal dari banyak negara. Begitu pulang ke Indonesia nanti, kamu akan punya koneksi dari seluruh penjuru dunia. Jika kamu bersekolah di luar negeri, kamu juga akan mendapat banyak teman dari berbagai negara. Tak hanya mahasiswa dari negara setempat tapi juga dari negeri-negeri yang sama jauhnya denganmu. Kamu pun akan memahami berbagai tipe orang dari berbagai latar belakang budaya yang berbeda dari penjuru dunia. Pertemananmu dengan mereka pun bisa jadi akan sejati, karena kalian menjalani suka duka di negeri orang bersama-sama. Tak ayal kamu akan menemukan sebuah keluarga baru yang akan selalu ada di hatimu. Pernah terbayang punya sahabat dari berbagai negara di dunia? (Kanzaki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!