Abstrak LKTI AISEF

Hai Readers, pada kesempatan ini kami akan membagikan abstrak LKTI AISEF (Asean Innovative Science and Enterpreneur Fair) yang menjadikan tim MA Sains Roudlotul Qur’an berhasil meraih 3 medali PERAK pada 16 Februari 2020. Hebat Kan. Semoga abstrak ini bermanfaat, mengembangkan ilmu pengetahuan, dan penemuan-penemuan baru. Amiinn

 INK FROM NUILS

Inovasi Tinta Spidol dari Paku Berkarat dan Daun Jambu Sebagai  inovasi ramah Lingkungan

Ana Aisyah Billah, Habibatur Rohmah

ABSTRAK

Dewasa ini, kemajuan teknologi telah berkembang pesat. Berbagai macam perangkat elektronik seperti smartphone atau gadget sangat mudah untuk ditemui namun  bukan berarti kebiasaan konvensional seperti tulis menulis di papan hilang dengan sepenuhnya.  Banyak kegiatan yang tidak luput dari penggunaan  alat tulis, salah satunya adalah  spidol. Spidol sendiri dijual dengan beraneka macam jenis dan bentuk. Spidol menjadi populer di kalangan akademisi maupun karyawan. Namun penggunaan spidol yang berlebihan menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Seperti limbah plastik dan limbah bekas tinta cair. Menyikapi hal tersebut penulis memiliki gagasan untuk membuat tinta yang dibuat dari limbah sehingga secara tidak langsung meningkatkan nilai jual dan mengurangi limbah. Limbah yang digunakan yaitu paku berkarat. Bahan yang digunakan selain paku berkarat yaitu menggunakan daun pandan, tepung kanji dan cuka. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode telaah pustaka dan eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tinta yang dihasilkan melalui proses percobaan. Prediksi hasil dari penelitian ini adalah komposisi dari bahan yang digunakan sehingga dapat menghasilkan tinta yang memiliki kualitas hampir sama dengan tinta dipasaran.

Tahap pengujian dilakukan untuk membandingkan kualitas tinta paku karat dengan tinta whiteboard biasa.Parameter yang digunakan adalah warna dan kepekatan. Pengujian dilakukan dengan 4 komposisi larutan (perbandingan paku karat dan jambu biji), yaitu : larutan I (20:80), larutan II (40:60), larutan III (50:50), larutan IV (60:40), Larutan V (80:20). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tinta alami yang dibuat memiliki kualitas yang hampir sama dengan tinta fabrikasi yang dijual dipasaran, untuk komposisi 50:50. Dan dibuat variasi warna untuk komposisi terbaik (50:50) dengan variasi warna merah & hijau. Dengan hasil warna hitam (original) memiliki kualitas yang baik dan hampir sama dengan tinta boardmarker sedangkan warna merah dan hijau hasilnya kurang baik (pudar,tidak terlalu tajam)

Kata kunci : Paku berkarat, Spidol, Tinta.

Rancang Bangun Prototype Aplikasi “GO-CAK” Layanan Aplikasi Becak Online Untuk Mempertahankan Eksistensi Transportasi Tradisional di Kota Lamongan

Muhammd Hariz Izzuddin, Muhammad Machfud Rachmatulah, Abdul Fathir Adam

ABSTRAK

Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan becak semakin berkurang prosentasenya. Hal tersebut dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin maju. Penggunaan teknologi berbasis online, seperti ojek online, dimana cara pemesanannya sangat mudah, yaitu melalui smartphone yang sudah menjadi bagian dari hidup manusia di era modern ini, menjadi penyebab menurunnya penggunaan becak khususnya di daerah Lamongan.Selain teknologi yang semakin maju, masalah lain yang menyebabkan penurunan penggunaan becak tradisional adalah perbedaan tarif yang cukup jauh. Seperti yang kita tahu, tariff yang disuguhkan ojek oline lebih murah daripada becak tradisional. Hal tersebut menjadi salah satu alasan beralihnya pengguna becak tradisional beralih ke ojek online.  Tidak hanya itu, wilayah jangkauan becak tradisional pun terbatas. Dengan menggunakan becak tradisional, para pengguna perlu mencari pangkalan becak atau tempat-tempat umum untuk mendapatkan transportasi tersebut. Sedangkan dengan ojek online, para pengguna dapat memesan dan meminta tempat penjemputan sesuai dengn yang ia inginkan.Oleh karena itu kami membuat aplikasi GO-CAK agar lebih cepat mempertemukan antara tukang becak dengan pelanggan, karena telah menggunakan aplikasi berbasis online. Bukan hanya itu saja, keuntungan bagi tukang becak juga ada seperti mendapatkan orderan lebih banyak dalam satu hari di bandingkan biasanya karena telah menggunakan aplikasi GO-CAK ini.

Rancang bangun prototype aplikasi Go-Cak ini dibangun dengan menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall dimulai dari tahap analisa kebutuhan, desain sistem, perancangan aplikasi, pengujian aplikasi, dan penerapan aplikasi. Dalam proses perancangan prototype aplikasi Go-Cak menggunakan tools Ms. Power Point yang diinstall dengan plugin iSpring Suite 8 dan untuk meng-generate file apk menggunakan aplikasi Web 2 Apk Builder Pro. Kebutuhan fungsional aplikasi Go-Cak meliputi aplikasi dapat melayani register driver maupun penumpang, memasukkan input tujuan awal dan akhir perjalanan, memberikan informasi jarak, lama waktu menunggu driver becak, dan harga pada aplikasi, memiliki fitur free call dan free chat, memberikan sistem poin setiap kali melakukan transaksi. Dari hasil data kuisioner kepada 30 responden dengan 12 butir pernyataan dengan nilai skala likert 1-4 nilai persentase kepuasan responden terhadap aplikasi Go-Cak sudah di atas 70% dan masuk kategori Baik.

Kata kunci : becak lamongan, aplikasi android, pengembangan metode waterfall

“ANGSA” PROTOTYPE APLIKASI SAMPAH ONLINE SEBAGAI SARANA MENGURANGI SAMPAH DI KOTA LAMONGAN

Muhammad Hariz Izzuddin, Ulil Azmi, Dina Shonia Sholihah

ABSTRAK

Sampah plastik di Indonesia mencapai 5,4 juta ton per tahun. Dari seluruh sampah yang ada, 57% ditemukan di pantai berupa sampah plastik. Sebanyak 46  ribu ton sampah plastik mengapung di setiap mile persegi samudera, bahkan kedalaman sampah plastik di Samudra Pasifik mencapai hampir 100 meter. Saat ini rata-rata orang Indonesia dapat menghasilkan sampah 0,5 kg dan 13% diantaranya adalah plastik. Sampah plastik menduduki peringkat ketiga dengan jumlah 3.6 ton per tahun atau 9% dari jumlah total produksi sampah. Salah satu langkah positif untuk mengurangi sampah plastik adalah recycle (mendaur ulang). Namun, hasil yang didapat tidak sebanding dengan pertumbuhan penggunaan plastik yang terus meningkat dari hari ke hari Oleh karena itu, kami membuat aplikasi ANGSA layanan aplikasi angkut sampah online untuk  mengatasi permasalahan sampah plastik di lamongan dan meningkatkan perekonomian masyarakat lamongan.Rancang bangun prototype aplikasi ANGSA ini dibangun dengan menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall dimulai dari tahap analisa kebutuhan, desain sistem, perancangan aplikasi, pengujian aplikasi, dan penerapan aplikasi. Dalam proses perancangan prototype aplikasi ANGSA menggunakan tools Ms. Power Point yang diinstall dengan plugin iSpring Suite 8 dan untuk meng-generate file apk menggunakan aplikasi Web 2 Apk Builder Pro. Kebutuhan fungsional aplikasi ANGSA meliputi aplikasi dapat melayani register user, memasukkan input titik pengambilan sampah, memberikan informasi jarak, lama waktu menunggu user, dan harga pada aplikasi, memiliki fitur free chat, memberikan sistem poin setiap kali melakukan transaksi. Dari hasil data kuisioner kepada 30 responden dengan 12 butir pernyataan dengan nilai skala likert 1-4 nilai persentase kepuasan responden terhadap aplikasi ANGSA sudah di atas 70% dan termasuk di dalam kategori Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!