AN (Asasement Nasional) 2021 di MTs. Terpadu Roudlotul Qur’an

Sesuai kebijakan Menteri Pendidikan Indonesia, dua tahun terakhir tidak diselenggarakan Ujian Nasional, sebagai penggantinya dilaksanakan AN (Asasment Nasional). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Seperti yang kita ketahui minat baca siswa di negara kita masih rendah. Padahal kemampuan dalam membaca dan numerasi ini merupakan kemampuan dasar yang perlu di miliki oleh siswa untuk mengembangkan kemampuan dirinya.

Asasment Nasional ini merupakan program baru sehingga masih awam untuk siswa ataupun guru. Untuk bisa menjawab soal- soal Asament Nasional memang tidak cukup dengan drill soal, namun perlu pembiasaan seperti membaca informasi, tabel, diagram, infografis, juga kemampuan membaca angka. Karakter siswa juga tidak bisa serta merta terbentuk dari materi yang ada di pelajaran, karakter akan terbentuk dari kebiasaan yang diterapkan madrasah juga pengawalan karakter dari guru

Bagaimana pelaksanaan AN di MTs. Terpadu Roudlotul Qur’an???

Setelah mendapat surat edaran dari kementerian agama bahwa akan dilaksanakan AN pada tahun 2021, lembaga kami melakukan beberapa persiapan, diantaranya bimbingan pemantapan untuk literasi, numerasi dan pembiasan akhlakul karimah untuk membentuk karakter yang baik bagi siswa. Siswa yang terpilih untuk mengikuti AN memang tidak bisa ditentukan oleh madrasah karena dipilih secara acak dari pusat, sehingga tidak bisa menunjuk siswa yang pintar atau yang mampu.

Pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 6- 7 Oktober 2021, MTs. Terpadu Roudlotul Qur’an melaksanakan AN (Asasmen Nasional), kami memilih gelombang dua sesuai dengan jadwal utama yang sudah ditentukan di tingkat SMP/ MTs. Ada sebanyak 45 siswa yang mengikuti AN. Ujian ini bertempat di Lab Komputer dan berlangsung dengan lancar.  Siswa melaksanakan AN didampingi oleh proctor dan teknisi serta pengawas ruang. Dalam ujian ini aspek yang dinilai adalah kemampuan dalam berliterasi, numerasi, dan karkter siswa. Tidak hanya siswa, guru sebagai komponen sekolah juga dinilai dengan mengikuti SLB (Survey Lingkungan Belajar)

Kegiatan AN di tahun pertama ini tentunya akan memberikan evaluasi bagi kami untuk mempersiapkan AN di tahun yang akan datang agar lebih baik. Evaluasi pada kegiatan belajar, pembiasaan literasi dan numerasi, adopsi bentuk- bentuk soal AN pada setia soal UH, PTS, ataupun PAS, perbaikan lingkungan belajar, kualitas guru, fasilitas dan lain sebagainya. Karena segalanya butuh proses dan tidak ada yang isntan.

Satu yang pasti kami lakukan yaitu never ending improvement to be better Semangatt, semoga Allah selalu memudahkan. Aamiinn….

Penulis : Maratus Sulistyo Z.N, S.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *