BELAJAR DI LUAR KELAS? ODC SOLUSINYA!

Lamongan – Pendidikan merupakan kebutuhan pokok setiap siswa. Berbagai teknik pembelajaran yang inovatif dan edukatif dibutuhkan untuk menggali potensi dan bakat siswa di berbagai bidang. Pembelajaran secara indoor memang mampu melingkupi kebutuhan siswa dalam satu komando dengan alat dan media ajar terstruktur, terlihat sistematis namun ruang belajar yang statis menjadi kendala siswa dalam mengeksplorasi ide dan praktik nyata.

Bagaimana membuat kegiatan pembelajaran agar lebih menarik? Outdoor Class (ODC) salah satu solusinya, merupakan pembelajaran  inovatif yang tetap menjaga konten ilmu pengetahuan namun menambah konteks pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas siswa dalam memahami dan mempraktekkan ilmu dalam kesehariannya.

Pembelajaran ODC bisa dilakukan di lapangan, koperasi, taman/area luar yang masih masuk dalam lingkup madrasah. Lebih luasnya lagi jangkauan ODC adalah dalam bentuk kunjungan ke instansi/lembaga pemerintah/swasta yang berkaitan dengan konteks ilmu setiap mata pelajaran. Menariknya lagi, ODC tidak tidak hanya berpusat pada satu mata pelajaran saja. ODC dapat merangkul 3/lebih mata pelajaran secara terintegrasi agar siswa mendapat wawasan yang lebih luas dan berkualitas.

MA Sains Roudlotul Qur’an Lamongan adalah salah satu madrasah yang memiliki program unggulan dalam rangka pengembangan kurikulum yaitu ODC yang menitikberatkan pada peningkatan daya serap ilmu serta kualitas siswa dalam praktek ilmu ke dunia nyata.

Pada awal semester ganjil ini, dilaksanakan ODC yang menggunakan integrasi beberapa mata pelajaran dengan prosedur dan teknik pembelajaran yang variatif. Siswa diajak mengenal penerapan ilmu dalam dunia nyata. Saat menemui benda berkarat, siswa diajak menganalisa bagaimana terjadinya proses pengkaratan, kemudian siswa diajak membuat teks eksposisi untuk menjelaskan reaksi kimia pengkaratan dan diminta menyebutkan benda-benda berkarat dalam bahasa arab.

Kegiatan Diskusi
Presentasi

Di kelas lainnya siswa diajak mencari serangga di sekitar madrasah kemudian melakukan deskripsi morfologi dalam bahasa inggris dan mempresentasikan tafsir ayat yang berhubungan dengan serangga agar mengetahui manfaat/peranan serangga di alam. Dalam setiap kegiatan tersebut akhirnya terdapat lebih dari satu mata pelajaran yang dikuasai siswa.

Hal ini menarik sekali bukan? Siswa lebih fresh belajar di luar tanpa terbebani kondisi yang monoton di kelas, ide-ide lebih terealisasi serta siswa dapat mengeksplorasi kemampuan khususnya dalam berkomunikasi antar siswa. Siswa lebih percaya diri dan akhirnya integrasi mata pelajaran membuat siswa mendapat ilmu yang lebih kompleks serta menuntun siswa agar menerapkan ilmu di keseharian mereka. ODC keren kan? Pembelajaran tidak harus dalam kelas, yang terpenting siswa paham, nyaman dan dapat mengambil hikmah dalam setiap kegiatan pembelajaran. Dicoba yuk! Trust Me! It’s Work!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!