“GURU IDAMAN MILENIAL”

Pengalaman ketika menjadi peserta didik di masanya, pasti ada mata pelajaran yang sangat dinanti dan mata pelajaran yang paling ditakuti. Selain karena kemampuan peserta didik pada bidangnya, namun sosok guru sangat berperan dalam proses belajar mengajar. Menurut saya, mata pelajaran akan diminati jika peserta didik suka pada guru yang mengajar, yaaaa meskipun tidak menjanjikan peserta didik pintar dalam mata pelajaran tersebut, setidaknya peserta didik betah ketika diajar guru tersebut.

Kriteria Guru Idaman Milenial yang dikutip dari merah putih.com  adalah sebagai berikut :

  • Berparas Menarik

Diajari guru killer rasanya ingin bel cepat berbunyi supaya waktu belajar dengannya selesai. Namun, kalau diajari guru berparas menarik yang tampan atau cantik rasanya tidak mau deh bel cepat-cepat berbunyi. Kalau perlu semua mata pelajaran guru tersebut yang mengajarkan.

Biasanya karena betah belajar dengan guru berparas menarik, siswa lebih mudah memahami pelajaran. Bagaimana tidak, setiap apa yang diucapkan guru itu pasti didengar dengan seksama. Parasnya menarik, otaknya pintar, bikin siswa semakin semangat belajar deh guru seperti itu.

  • Bersikap Humoris

Belajar memang harus serius. Namun, akan terasa membosankan kalau terlalu serius. Perlu ada selingan berupa humor dari seorang guru agar proses belajar mengajar menyenangkan. Tidak hanya bikin betah belajar, guru humoris bikin siswa kangen terus. Banyolan atau lawakan dia yang begitu ringan selalu mencairkan suasana belajar yang cukup memusingkan.

  • Mengajar dengan Inovasi

Proses belajar mengajar akan lebih menyenangkan saat dilakukan oleh guru berinovasi. Guru yang berinovasi tidak hanya mengajar melalui interaksi di depan kelas. Belajar akan semakin menarik melalui sebuah game maupun kuis yang diberikan oleh sang guru idaman.

  • Tetap Punya Wibawa

Bagaimanapun guru merupakan pemimpin di dalam kelas. Oleh karena itu, seoranguru harus tetap punya wibawa. Guru yang berwibawa tidak hanya disegani oleh siswa. Wibawa dari guru tersebut menjadi panutan mereka yang selalu ingin dicontoh.

Karya: Lailatul Ma’rifah, S.Pd
Guru Fisika MTs Terpadu Roudlotul Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!