Mendalami Al-Qur’an dengan Tartil dan Kultum

Hai readers, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas kegiatan rutin setiap pagi di pondok kami yakni Tartil dan Kultum.

Tartil dimulai pada pukul 06.45 kemudian dilanjut dengan kultum sampai jam 07.00 sebelum jam pelajaran pertama dimulai. Tartil merupakan salah satu tingkatan membaca Al-Qur’an yang lebih utama. Hal ini dikarenakan bacaan pada tartil lebih perlahan sehingga membantu kita lebih memahami dan merenungkan makna Al-Qur’an.

Surat-surat Al-Qur’an yang dibaca setiap harinya dipilih berdasarkan keutamaanya. Jika hari senin membaca surat Al-Fath agar kita diberikan kemudahan dan keberhasilan dalam menjalankan usaha. Pada hari Selasa membaca surat Yasin agar mendapatkan ampunan, dipermudah saat sakaratul maut, dan mendapatkan ketenangan hati. Pada hari Rabu kita membaca surat Al-Waqi’ah agar mendapatkan rejeki dan nikmat Allah yang terus mengalir, sedangkan hari kamis membaca surat Ar-Rahman agar mendapatkan syafaat pada hari kiamat dan selalu mengingatkan kita agar selalu  bersifat penuh kasih sayang kepada makhluk  ciptaan Allah SWT. Pada hari Jum’at membaca surat Al-Kahfi agar terhindar dari fitnah Dajjal, dan pada hari Sabtu membaca surat Al-Mulk agar terselamtkan dari azab kubur.

Setelah Tartil selesai kemudian dilanjutkan dengan kegaitan kultum (kuliah tujuh menit). Kultum di pondok kita berbeda dengan pondok lain, apa yang beda? Yakni bahasa yang digunakan saat penyampaian. Kultum di RQ menggunakan tiga bahasa yakni Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Indonesia. Adanya penyampaian kultum dengan 3 bahasa ini melatih kementalan serta struktur kebahasaan kita.   RQ Kereeeen kan !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!