Menuju Eco-School, Master RQ terapkan Zero Waste

Eco School merupakan program pemerintah dibidang pendidikan lingkungan yang bertujuan meningkatkan pemahaman seluruh elemen sekolah dan pendidikan mengenai arti penting lingkungan bagi kehidupan.. Dalam hal ini Lembaga sekolah bisa menjadi pionir dalam pelestarian lingkungan “peran serta seluruh warga sekolah” merupakan kunci dari keberhasilan program, karena itulah terdapat beberapa upaya peningkatan peran serta pada masing-masing elemen sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan, khususnya dimulai dari sekolah.

Dalam rangka mendukung progam tersebut, MTs Terpadu Roudlotul Qur’an ( MASTER RQ) telah mencanangkan program Zero Waste yaitu program bebas sampah di lingkungan sekolah. Program ini dimulai dengan pengurangan sampah plastik, semua warga sekolah diharuskan membawa alat makan dan minum sendiri. Peralatan tersebut nantinya akan digunakan saat membeli makanan atau minuman di kantin. Dengan demikian akan mengurangi sampah plastik pembungkus makanan.

Program ini secara umum bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekolah, tujuan yang lebih penting adalah untuk mencetak generasi muda yang peduli lingkungan, sehingga keberlanjutan lingkungan yang sehat dan nyaman dapat dirasakan sampai anak-cucu kita kelak.

Untuk keberlanjutan program ini, secara bertahap Master RQ telah merancang program pemilahan sampah, penghijauan lingkungan sekolah dan Kerja Bakti yang berkelanjutan. Tentunya, keberhasilan pencapaian target program akan sangat bergantung pada peran warga sekolah, untuk itu perlu adanya motivasi dari dalam diri warga sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!