Muhsiners, Siap di Vaksin

Assalamualaikum Muhsiners,,, Pandemi Covid  yang sudah kita rasakan hampir satu tahun agaknya mulai menemukan titik terang. Keberhasilan penelitian mengenai Vaksin Covid 19 di berbagai negara  menjadi harapan baru akan terbebasnya dunia dari ancaman Covid 19.  Tapi.. bukannnya bersemangat, beberapa masyarakat justru takut akan efek samping yang bakal dirasakan setelah vaksinasi. Adakah muhsiners yang mengalami hal serupa?  Kuy…  kita kenaan dulu dengan vaksinasi yaa ..

Apakah itu vaksinasi?

Vaksinasi adalah proses memacu tubuh membentuk imunitas (kekebalan) terhadap suatu penyakit dengan cara memasukkan bibit penyakit hidup tapi sudah dilemahkan ( live annuated) atau memasukkan bibit penyakit yang telah dimatikan (nonactivated).  Vaksinasi dapat terjadi secara alami lho muhsiners, tapi syaratnya kita harus terinfeksi dulu oleh penyakit tertentu sehingga tubuh kita secara alami membentuk kekebalan terhadap penyakit tersebut.

Kenapa kita harus divaksin Covid 19?

Vaksin Covid 19 dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga dapat mengurangi resiko terinfeksi virus dan kalaupun terinfeksi  akan menurunkan resiko gejala berat dan komplikasi, sehingga dapat menurunkan angka kematian akbiat penyakit covid 19. Vaksinasi Covid nggak hanya bermanfaat bagi diri sendiri lho muhsiners, tapi juga bisa melindungi orang-orang disekitar kita terutama kelompok beresiko tinggi seperti lansia dan balita. Kok bisa begitu? Hal ini karena bila vaksinasi Covid 19 diberikan secara massal maka akan ada kelompok besar masyarakat yang sudah kebal dengan penyakit Covid 19 (herd immunity).  Dengan demikian orang yang tidak mendapatkan vaksin, misalnya lansia dan bayi baru lahir, mendapatkan perlindungan dari orang disekitarnya.

Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala.

Amankah Vaksin Covid 19

Naah ini pertanyaan yang paling banyak ditanyakan muhsiners, aman gak ya? Melansir dari berbagai sumber. Berikut keterangan mengenai vaksin Covid 19:

  1. Vaksin Covid 19 yang digunakan di Indonesia adah vaksin Sinovac buatan China. Vaksin ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat berusia 18 – 50 tahun. Jadi hanya masyarakat dalam rentang usia tersebut yang akan menerima vaksin. Sedangkan masyrakat berusia dibawah 18 tahun atau diatas 50 tahun tidak mendapatkan vaksinasi karena belum ada uji klinis bagi kelompok usia tersebut.
  2. Sinovac adalah vaksin yang dibuat dengan metode inactivasi (virus yang dinonaktifkan), metode inactivasi virus sudah banyak diterapkan dalam penelitian penyakit selama  lebih dari 1 abad dan memberikan respon kekebalan yang signifkan
  3. Sinovac telah melalui uji klinis tahap III di Bandung dan telah mendapatkan label EUA (Emergency Used Autorization) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)  menjadi bukti bahwa vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat telah terbukti efektivitas dan keamanannya.
  4. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan halal dan Suci melalui Fatwa Halal No. 02 tahun 2020 untuk Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Science Co. LTD China dan PT Bio Farma (Persero).

Jadi gimana Musiners? Masih takut divaksin?? Apa takut jarum suntiknya??

*) Musiners : Sebutan untuk seluruh warga Roudlotul Qur’an

Ditulis oleh : Astri, mengutip dari berbagai sumber, Guru IPA MTs Terpadu Roudlotul Qur’an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *