Tips Betah di Pondok

Mau mondok? Tapi takut gak betah?  Wajar saja, karena kita harus Jauh dari rumah, jauh dari orang tua, harus beradaptasi dengan Lingkungan baru, teman-teman baru, dan semua serba mandiri. Tenang kawan… mondok itu seru kok, meskipun harus jauh dari orang tua, tapi kita bisa belajar banyak hal di pondok. Sekarang kalian tidak usah takut lagi kalau nggak betah di pondok, karena kita punya beberapa tips ampuh untuk anak soleh solehah yang mau langsung betah di pondok. Yukk simak selengkapnya!!

  • Memiliki Niat yang Kuat

Segala sesuatu tergantung pada niatnya, terkadang kita masuk ke dunia pesantren atas kemauan orang tua kita, bukan kemauan sendiri, tapi hendaklah kita memiliki niat untuk mencari ilmu di pondok pesantren, karena dengan niat yang kuat kita bisa bertahan dan terus menuntut ilmu di pondok. Seperti yang kita ketahui bersama kalau kehidupan santri di pondok tidaklah seenak yang dibayangkan. Jika kalian mau jadi santri yang Istiqomah, haruslah memiliki niat yang kuat. Apalagi bagi santri baru, yang biasanya masih homesick alias kangen rumah yang menyebabkan tidak betah dan selalu ingin pulang. Padahal harapan orang tua mendaftarkan kalian ke pondok, selain mendalami ilmu agama tapi juga agar kalian hidup mandiri. Hal itu sangat bermanfaat bagi kalian dikehidupan saat kalian sudah dewasa.

  • Jangan Suka Menyendiri

Jika baru masuk pondok, kalian jangan menyendiri jika kalian menyendiri kalian akan merasa tidak punya teman dan kesepian. Jika kalian memiliki kesulitan di dalam bergaul biasa akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berdaptasi dengan lingkungan pesantren, apalagi yang kalian temui adalah teman-teman yang belum kalian kenal, maka dari itu kalian harus memiliki keberanian dan kemampuan untuk perkenalan diri dan lebih terbuka, karena dengan banyak teman, kita tidak akan menyendiri lagi dan akan banyak kegiatan yang kita lakuan bersama teman kita.

  • Memperbanyak Teman

Dengan adanya teman urusan kalian akan lebih dipermudah, kemana saja selalu menyenangkan dan pede. Bahkan kalian dapat menyelesaikan masalah yang ada dengan adanya teman. Merekalah yang ada disaat kita susah dan senang. Jadi dengan kalian memiliki banyak teman, maka kalian akan lebih nyaman dan semakin betah. Lama-lama pikiran untuk pulang ke rumah akan hilang.

  • Lebih Dekat dengan Ustadz atau Ustadzah Kalian di Pesantren

Dengan hormat dan dekat dengan Ustadz kalian, maka mereka akan sering memberi masukan dan bimbingan dalam bentuk moril ataupun materil, karena mereka sudah lebih lama dipondok, lebih paham tentang pondok dan merasakan pahit manisnya di pondok. Jangan pernah melawan mereka, karena meraka ibarat kakak, bahkan orang tua kita di pondok. Jadi, meskipun kita dekat dengan mereka, kita juga harus tetap menghormati mereka.

  • Menjaga Kesahatan Jasmani dan Rohani

Jagalah kesehatan kalian saat di Pondok, karena akan sangat sulit jika kalian harus ikut kegiatan Pesantren yang begitu padat sementara kondisi kesehatan tidak memungkinkan. Bayangkan jika kalian terlalu sering pulang dengan alasan sakit, karena keseringan sakit dan pulang maka keputusan untuk keluar pesantren bukan tidak mungkin harus diambil. Jadi meskipun kalian di pondok, kalian juga harus rajin olahraga dan jaga asupan makan kalian. Agar kalian tetap sehat dan betah di pondok

  • Selalu Berdoa, Mendoakan dan Minta doa

Salah satu jalan terakhir yang harus kalian tempuh jika ingin menetap di pesantren, maka berdo’a dan berserah diri kepada Allah SWT, karena dialah sebaik-baik pengatur, serahkan segala urusan kepada-Nya. Selain itu, kalau kalian ingin terus dapat menetap di pesantren harus sering-sering berdoa, do’akan juga orang tua dan kerabat agar selalu sehat dan untuk mendukung kalian dalam hal ini. Selain itu, selalu minta do’a kepada orang tua maupun guru kalian, agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan usahanya tidak sia-sia.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tips-tips kami, semoga bermanfaat.:)

Oleh: Yuni Manasika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!