Materi Integral bisa Praktik? Bisa Donk!!

Materi Integral bisa Praktik? Bisa Donk!!

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit bagian sebagian besar siswa. Terutama siswa pada jenjang SMA. Ada banyak materi yang dianggap sulit bagi siswa. Logaritma, turunan, integral, merupakan beberapa contoh materi dalam matematika yang dianggap sulit dan abstrak, tidak bisa diaplikasikan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Materi-materi tersebut merupakan contoh materi yang baru terlihat kegunaannya jika dikaitkan dengan ilmu yang lain. Sebagai contoh logaritma. Materi ini ternyata dijumpai pada pelajaran kimia untuk menghitung nilai pH dari suatu larutan. Turunan, sangat erat kaitannya dengan penurunan rumus jarak, kecepatan, dan percepatan dalam fisika. Lalu integral? Untuk apa ya integral?

 

Nah, kali ini, siswa-siswa tengah sampai pada materi integral. Mempelajari integral berarti tak lepas dari konsep jumlah Riemann. Pada konsep jumlah Riemann, menghitung luas daerah di bawah kurva dengan batas tertentu dilakukan dengan mengaitkan dengan menghitung luas persegi panjang. Awalnya kurva dibagi menjadi partisi-partisi/ bagian-bagian yang lebarnya sangat kecil sehingga didapat partisi yang cukup banyak untuk mendekati tak hingga. Nanti akan diperoleh ukuran lebar. Nah, untuk ukuran panjang dari tiap partisi, menggunakan batas kiri atau kanan atau rata-rata tinggi dari tiap partisi. Apakah Anda paham dengan penjelasan partisi-partisi ini ini?

Dibaca saja sudah bikin pusing, ya?

Daripada hanya membaca dan malah pusing, kali ini siswa-siswa kelas XI diajak melakukan praktik dengan berbekal daun. Awalnya siswa-siswa bingung mengapa harus daun? Memangnya mau praktik tentang fotosintesis? Jelas bukan. Hehe. Daun dipilih karena mudah didapatkan dan tidak perlu biaya untuk mendapatkan (hemat, kan J) serta bentuk melengkung menyerupai kurva parabola.

Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok membuat 3 eksperimen, antara lain: memotong daun dengan lebar sama sebanyak kurang dari 8 potongan, memotong daun dengan lebar sama menjadi lebih dari 10 potong, dan terakhir potongannya tidak dibatasi alias sebanyak mereka mampu menghitung luasnya nanti. Dengan menggunakan rumus luas persegi panjang, diperoleh luas dari masing-masing daun. Berikut penampakan hasil eksperimen siswa.

Ternyata ada yang berhasil memotong daunnya menjadi sekitar 60 lebih partisi, yang artinya mereka menghitung 60 lebih luas dari masing-masing bagian. Wow!! Amazing!

 

Jadi, materi integral tidak serumit yang dibayangkan, bukan?

 

By: Pratiwi Parmawati, S.Pd (Guru Matematika MA Sains RQ)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *