Guru BK Sahabat Siswa

Guru BK Sahabat Siswa

Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Masa ini terjadi pada usia 10—21 tahun. Dalam masa ini, seorang remaja biasanya akan menghadapi banyak masalah, antara lain masalah perubahan bentuk fisik, masalah dengan lawan jenis, masalah dengan orang tua, masalah dengan teman/sahabat atau lingkungan.  Nah dalam menghadapi masalah tersebut tentunya seorang remaja yang sekaligus seorang siswa membutuhkan teman untuk sharing berbagi masalah tersebut. Mereka bisa sharing/curhat masalah tersebut dengan orang tua, sahabat, teman, atau bahkan guru BK yang ada di sekolahnya.

Uniknya, fenomena yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa siswa yang mempunyai masalah dengan teman atau orang tua lebih suka curhat di media sosial yang mereka miliki. Logikanya, jika ada sahabat baik yang membaca curhatan tersebut pasti akan memberikan saran atau nasihat. Namun sebaliknya, jika ada orang yang tidak suka akan menjadi boomerang. Orang yang tidak suka tersebut akan menari indah karena melihat kita susah, kita sedih dan selanjutnya mereka akan terus menertawakan kita hingga akhirnya kita terluka.

Berangkat dari fenomena tersebut sebenarnya ada solusi agar masalah yang kita punya bisa diselesaikan dan kita bisa sharing dengan orang yang tepat, karena orang tersebut bisa menjaga rahasia kita dengan baik. Siapakah orang tersebut? Ya orang tersebut tak lain adalah guru BK.

Mengapa harus guru BK?

  1. Guru BK dapat membantu menyelesaikan segala masalah melalui proses konseling yang   dilakukan
  2. Guru BK bisa menjaga rahasia karena dalam BK terdapat azaz yang dinamakan azaz kerahasiaan
  3. Guru BK tulus menerima segala kekurangan dan kelebihan siswa
  4. Jika guru mata pelajaran memberikan pelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang di ampuh, maka guru BK memberikanmu layanan klasikal sesuai dengan kebutuhan masalah yang dihadapi siswa
  5. Guru BK bisa menjadi mediator terhadap masalah yang dihadapi siswa
  6. Guru BK ikhlas mendengar semua keluh kesah siswa
  7. Guru BK bisa mendorong siswa agar menjadi pribadi yang mandiri dan tangguh
  8. Guru BK membantu siswa dalam pilihan study lanjut

Nah sudah paham dengan tugas guru BK yaa. Jadi Guru BK tidak selalu identik dengan mengurusi masalah-masalah negatif siswa saja, masalah siswa berprestasi pun menjadi tanggung jawab guru BK. Oleh karena itu yuks kenali guru BK kalian dan jadikan dia sebagai sahabat.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *