PENTINGNYA BELAJAR SEJARAH

PENTINGNYA BELAJAR SEJARAH

Sejarah merupakan ilmu yang sangat penting bagi suatu bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah bangsanya. “Jas Merah, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”. Semboyan yang diucapkan oleh Presiden Soekarno tersebut sangatlah cocok untuk diterapkan dalam kehidupan berbangsa.

            Secara etimologi, sejarah berasal dari kata Syajaroh-Syajarotun yang berarti pohon. Hal tersebut merupakan perlambangan sejarah sebagai pertumbuhan atau perkembangan dari suatu pohon kehidupan, dimana sejarah sebagai akarnya.

Description: C:\Users\Admin\Downloads\pohon kehidupan.jpg

Gambar diambil dari https://attoriolong.com/wp-content/uploads/2021/04/pngtree-family-tree-with-hanging-heads-png-image_2210847.jpg pukul 13.30 wib 27 September 2022

                Sejarah memiliki manfaat yang sangat banyak dalam menjalani kehidupan. Antara lain, sejarah sebagai panduan moral dan politik, sarana mengenai perjalanan suatu bangsa, memperkokoh identitas bangsa, latihan berfikir (holistik) dan Multiperspektif.

                Manusia memiliki peran yang penting dalam peristiwa sejarah. Manusia adalah tokoh utama dalam peristiwa sejarah. Sejarah adalah perwujudan gambaran tentang cara manusia bertahan hidup menggunakan akalnya. Dari situlah kemudian muncul pikiran-pikiran baru yang lebih mempermudah kehidupan manusia. Gagasan-gagasan baru muncul karena interaksi manusia dengan kehidupan yang dialaminya.

            Salah satu upaya dalam merawat keberlangsungan sejarah suatu bangsa adalah dengan menulis. Dengan mempelajari sejarah dan menuliskan sejarah, maka kita sudah termasuk menghargai sejarah bangsa kita.

Oleh : Ustadzah Arinil Haq, S.Pd.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *