Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita Tanpa Menghakimi

Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita Tanpa Menghakimi

Sebagai makhluk sosial, sudah sewajarnya jika manusia membutuhkan orang lain untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan sosial. Entah itu dengan cara berkomunikasi atau dengan menjalin sebuah hubungan sosial yang baik satu sama lain. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwa di dunia ini, akan ada orang yang tidak suka dengan kita.

Walaupun kita mungkin sudah berbuat baik selama ini. Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya perbedaan sifat dan juga pendapat serta hal lainnya. Kita sendiri memang tidak dapat memaksakan seseorang untuk suka terhadap diri kita. Pasti ada saja orang-orang yang membenci kita, orang-orang yang zholim, orang-orang yang melakukan hal-hal buruk, baik berupa hinaan, cacian, dan semacamnya.

Tidak peduli sebaik apa sifat dan perilaku kita. Akan tetap ada orang yang tidak suka atau bahkan membenci kita. Mereka akan tetap hadir dan muncul di sekitar kita. Mungkin saja di lingkungan sekolah, rumah, atau media sosial, tempat kerja, dan lain sebagainya. Kita tidak dapat terus menerus menghabiskan waktu kita hanya untuk mendengarkan ocehan mereka yang sebenarnya tidak ada gunanya. Namun, kita juga tidak boleh larut dalam kekecewaan dan kesedihan karena ada orang yang tidak menyukai kita.

Bagaimanakah seharusnya sikap kita terhadap mereka ini?

Allah Ta’ala berfirman :
ٱدْفَعْ بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ فَإِذَا ٱلَّذِى بَيْنَكَ وَبَيْنَهُۥ عَدَٰوَةٌ كَأَنَّهُۥ وَلِىٌّ حَمِيمٌ
“Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia” (QS. Fushilat : 34).

Penjelasan dari ayat di atas adalah sebagaimana berikut…

Jika seseorang melakukan keburukan terhadapmu, terlebih khusus lagi jika mereka adalah kerabat-kerabatmu, sahabat-sahabatmu, mereka berbuat buruk kepadamu, baik melalui lisan mereka maupun perbuatan mereka, maka balaslah mereka dengan kebaikan. Jika mereka memutus silaturahmi denganmu, maka sambunglah kembali silaturahmi tersebut. Jika mereka berbuat zholim kepadamu, maka maafkanlah.

Jika mereka menjelek-jelekkanmu, di belakang maupun di hadapanmu, maka jangan engkau jelek-jelekkan mereka kembali, bahkan maafkanlah mereka, dan balas mereka dengan perkataan yang lembut. Jika mereka mengacuhkanmu, tidak mau berbicara denganmu, maka mulailah salam kepada mereka, sapalah mereka dengan baik.

Niscaya jika engkau telah melakukan itu semua, suatu saat nanti mereka akan berbalik menyukaimu, yang sebelumnya memusuhimu, berbalik menjadi teman setiamu.
Sesungguhnya hati manusia ada di antara jari-jariNya, Dialah yang membolak-balikkan hati manusia sesuai kehendakNya. Sangatlah mudah bagi Allah untuk mengubah benci menjadi cinta ataupun sebaliknya.

Inilah janji Allah dalam FirmanNya, namun sayang beribu sayang, seringkali gengsi kita mengalahkan itu semua, sehingga terlewatilah nasihat dari langit ini untuk kita amalkan.
Semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang selalu berusaha menerapkan Al-Quran dalam kehidupan kita sehari-hari.

Oleh : Retno Dwi Agustiningtyas,S.Psi (Guru BK)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *