Outdoor Class Activity in PDAM Lamongan

Outdoor Class atau sering disebut ODC adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan diluar kelas. ODC merupakan program pembelajaran yang rutin dilakukan oleh MASA RQ setiap tahunnya. Tujuan dari kegiatan ODC adalah memberikan kesempatan siswa untuk belajar secara langsung dengan objek pembelajaran. Selain itu, dapat memberikan suasana belajar yang baru dan menyenangkan untuk siswa.

ODC kali ini dilaksanakan di PDAM Lamongan tepatnya di bagian Instalasi Pengolahan Air (IPA). Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas XII MASA RQ. Siswa kelas XII MIA 2 berangkat terlebih dahulu pada tanggal 12 Oktober 2021. Sedangkan siswa kelas XII MIA 1 menyusulnya pada tanggal 21 Oktober 2021.

Dalam kegiatan ini, siswa diajarkan cara mengolah air mulai dari air yang keruh hingga menjadi jernih. Proses penjernihannya dimulai dari Intake Building yang berfungsi sebagai tempat pertama masuknya air dari sumber air. Selanjutnya air akan masuk ke dalam bak besar dan dipompakan ke Water Treatment Plant (WTP). WTP merupakan instalasi utama pengolahan air bersih. Setelah air selesai diolah, air akan dimasukkan ke tempat penampungan sementara di dalam Reservoir sebelum didistribusikan ke rumah dan bangunan.

Siswa terlihat bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Namun tidak cukup sampai disini, siswa harus melanjutkan pembelajaran di dalam kelas untuk membuat laporan kegiatan Outdoor Class yang telah berlangsung.

Penulis : Humas MA Sains Roudlotul Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *